Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain 2023

Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain
Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain
- Sebagai salah satu aplikasi chatting yang cukup populer sekarang ini membuat WhatsApp (WA) terus melakukan pembaharuan aplikasinya.

Dengan menambahkan fitur terbaru termasuk fitur yang baru saja dirilis beberapa tahun lalu ialah fitur Picture in Picture (PiP) yang dapat membuat para pengguna bisa melakukan video call.

Sambil membuka aplikasi lain dan mengetik pesan untuk kontak yang lain, tapi sebelum perilisan Fitur Picture in Picture pastinya melakukan uji coba dalam versi beta dan setelah selesai.

Dan layak digunakan, barulah fitur tersebut dirilis untuk semua pengguna WhatsApp dengan adanya fitur PiP ini tentu saja akan memberikan banyak sekali manfaat untuk para pengguna WhatsApp.

Tapi fitur PiP ini untuk sementara waktu hanya bisa digunakan oleh pengguna Android Oreo saja diantaranya Android merek OPPO, sedangkan untuk tipe lainnya mohon bersabar dulu.

Hal seperti ini memang disebabkan karena PiP sendiri ialah fitur bawaan dari Android Oreo yang berguna supaya panggilan video masih bisa dilakukan meskipun pada jendela yang kecil.

Dengan begitu pengguna bisa membuka aplikasi lain, meskipun dalam keadaan melakukan video call, lantas bagaimana cara supaya video call di WhatsApp sambil membuka aplikasi lain?.

Untuk caranya sendiri terbilang mudah, karena bisa dilakukan tanpa perlu melakukan penginstallan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan.

Tanpa basa basi lagi, yuk simak saja langsung mengenai cara video call WhatsApp sambil buka aplikasi lain sebagai berikut.


Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain Lewat Fitur PiP di HP OPPO

Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain
Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain Lewat Fitur PiP di HP OPPO
Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa Smartphone tertentu saja yang dapat menikmati fitur PiP termasuk salah satunya yakni HP OPPO.

Sebab fitur PiP ini adalah fitur bawaan dari HP OPPO dan dapat digunakan pada aplikasi WhatsApp pada saat melakukan video call sambil membuka aplikasi lain.

Berikut ini langkah-langkah cara video call WhatsApp sambil buka aplikasi lain lewat fitur PiP di HP OPPO:
  • Buka HP OPPO terlebih dahulu, lalu cari aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall.
  • Setelah itu tekan ikon WhatsApp beberapa saat lagi akan muncul beberapa menu dan langsung saja pilih menu info Aplikasi.
  • Akan ada informasi terkait aplikasi WhatsApp akan ditampilkan termasuk fitur Picture in Picture (PiP), setelah itu aktifkan fitur PiP tersebut.
  • Selain itu, anda juga bisa mengaktifkan fitur PiP WhatsApp lewat pengaturan Android dengan cara membuka Pengaturan > Pilih Manajemen Aplikasi > Buka Aplikasi WhatsApp dan fitur PiP akan langsung ditampilkan di layar dan aktifkan fitur PiP.
  • Sehingga video call di WhatsApp sambil buka aplikasi lain sudah dapat dilakukan dan dinikmati setelah fitur Picture in Picture (PiP) ini diaktifkan.

Pada saat lagi asyik-asyiknya bermain sosmed, namun sik doi tiba-tiba saja memanggil video call terkadang sering membuat sebagai orang jengkel.

Akan tetapi hal seperti itu tidak akan terjadi lagi, jika mengikuti langkah-langkah diatas sebab anda sudah bisa video call sambil membuka sosial media Facebook, Instagram dan lainnya dengan nyaman.


Penyebab Tidak Bisa PiP

Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain
Penyebab Tidak Bisa PiP
Jika anda sudah tahu cara video call WhatsApp sambil buka aplikasi lain, namun terkadang PiP tidak bisa digunakan disebabkan oleh anda yang belum mengaktifkan WhatsApp.

Atau mungkin saja tidak mempunyai izin untuk mengoperasikan fungsi PiP di ponsel anda, itulah sebabnya ikuti setiap langkah-langlah di atas untuk bisa mengaktifkan fitur PiP tersebut.

Setelah fitur di aktifkan, langkah selanjutnya yakni lakukan video call dengan teman anda dan buka aplikasi lain dan tutup layar apakan bisa menggunakan panggilan video PiP atau tidak.


Cara Mengatasi Panggilan Video WhatsApp Terjeda di OPPO

Cara Video Call WhatsApp Sambil Buka Aplikasi Lain
Cara Mengatasi Panggilan Video WhatsApp Terjeda di OPPO
Salah satu alasan utama panggilan video berhenti ialah tumpukan sampah, aplikasi sedang bermasalah, masalah internet, sistem operasi bermasalah dan perangkat rusak di ponsel anda.

Untuk bisa memperbaiki masalah penangguhan video WhatsApp anda dapat melakukan tindakan sebagai berikut:
  • Bersihkan file sampah secara menyeluruh.
  • Periksa kamera HP anda untuk masalah apapun itu.
  • perbaharui aplikasi WhatsApp.

Jika anda mengalami masalah di jaringan, silahkan aktifkan dan matikan mode pesawat terlebih dahulu lalu periksa apakah jaringan kembali normal atau tidak?.

Apa bila anda masih tidak bisa pindah ke lokasi lain dimana jaringan anda tidak stabil sebaiknya coba pindah ke atas, siapa tahu cara video call WhatsApp sambil buka aplikasi lain berhasil.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda supaya lebih mudah melakukan video call di WhatsApp sambil membuka aplikasi yang lain.

Supaya fitur Picture in Picture (PiP) berhasil diaktifkan, perhatikan dan lakukan setiap langkah-langkah dengan cermat dan benar.

Langsung saja gunakan atau manfaatkan fitur yang tersedia di HP anda dengan bijak, supaya memberikan dampak yang baik juga untuk anda.

Jika menurut anda informasi ini berguna, silahkan bagikan link artikel ini ke temannya atau ke sosial media yang anda punya

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara video call WhatsApp sambil buka aplikasi lain. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel