Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN 2023

Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN
Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN cukup mudah untuk dilakukan dan kami telah mengulas caranya di artikel ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pastinya akan sangat memudahkan semua orang dalam melakukan banyak hal, salah satunya mengisi nilai rapor.

Dulunya, nilai rapor harus ditulis secara manual, begitupun juga dengan proses pembagian kepada para siswa, dengan menggunakan metode seperti ini pastinya akan jauh lebih ribet lagi.

Karea para guru juga harus meginput nilainya satu persatu dan pastinya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, bahkan bisa sampai berhari-hari, apalagi jika gurunya mengajar beberapa kelas.

Belum juga waktu pembagiannya yang mengharuskan para siswanya untuk datang ke sekolah dan menggu waktu pembagian tiba.

Pada saat ini guru dan juga siswa tidak perlu susah-susah lagi dengan tugas yang ribet tersebut, karena sekarang pengisisan rapor bisa dilakukan secara online.

Yang membuat para siswanya bisa melihat nilai mereka secara langsung, hanya dengan menggunakan NISN saja.

Karena, untuk mengecek ataupun sekedar melihat nilai rapor dapodik sekolah, bisa dilakukan pada internet, anda hanya perlu menyiapkan akses internet dan juga NPSN sekolah.

Kenapa harus menggunakan akses internet? Karena pada saat akan melihat nilai rapor dapodik tersebut, prosesnya akan dilakukan secara online.

Hal tersebut merupakan program baru dari pemerintah, untuk bisa memudahkan para guru dalam merekap nilai dari para siswanya.

Sehingga kini setiap sekolah yang sudah memiliki aplikasi dapodikdasmen seperti SD, SMP dan juga SMA atau SMK pada saat ini.

Walaupun sebenarnya, pada web rapot dapodik tersebut masih versi 2019.11.02 yang baru saja dirilis dan masih dalam proses pengembangan untuk disempurnakan.

Akan tetapi, web tersebut tetap bisa diakses untuk melihat nilai rapor dapodik sekolah anda.

Lalu, bagaimana caranya? Untuk prosesnya sangat mudah, anda bisa langsung simak pada ulasan yang sudah ada di bawah ini untuk melihat nilai rapor dengan NISN.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak cara melihat nilai rapor siswa dengan nisn yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN Secara Online

Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN
Cara Melihat Nilai Rapor Siswa dengan NISN Secara Online
Untuk anda yang ingin melihat nilai sisiwa dengan NISN, sangat disarankan untuk menggunakan perangkat PC ataupun laptop, supaya semua nilai dan juga informasi lainnya bisa dilihat dengan jelas.

Selain itu, pastikan juga koneksi internet yang sudah terhubung ke perangkat baik itu melalui wifi maupun paket data dalam kondisi stabil, supaya prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Cara melihat nilai rapor siswa dengan NISN online yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda kunjungi situs yang sudah sudah kami sediakan (Kunjungi situs rapor dapodik).
  • Jika sudah berhasil, silahkan anda masuk ke beranda dapodik, maka anda bisa melihat menu-menu seperti beranda.
  • Data pokok sekolah dan juga rapor dapodik sudah sesuai dengan semester pada saat anda akan melakukan pengecekan.
  • Setelah anda masuk ke dalam web rapor dapodik, maka akan muncul semua nama-nama sekolah yang sudah ada di seluruh indonesia.
  • Untuk bisa mempercepat proses pencarian nama sekolah anda, anda bisa klik pada menu "data pokok sekolah".
  • Lalu, anda bias memasukkan NPSN sekolah pada menu yang sudah tersedia, kemudian tekan "enter".
  • Secara otomatis, data rapor dapodik sekolah anda akan langsung ditampilkan.
  • Jika sudah berhasil masuk ke data rapor sekolah, anda juga akan melihat 3 menu yaitu "infografis, rapor dapodik, dan juga profil sekolah".
  • Pada menu infografis sudah terdiri dari peserta didik sesuai dengan jenis kelamin, tonggkat kelas dan juga usia.
  • Sedangkan untuk rapor dapodik sudah terapat fitur identitas, peserta didik, PTK, Romble dan juga Sarpras.
  • Anda tinggal klik menu-menu yang ingin anda cek.
  • Karena web tesrebut masih baru, kemngkinan akan ada beberapa fitur yang belum bias di cek, karena masih dalam proses pengembangan
  • Selesai dech guyss!!!


Apa Itu NISN?

NISN merupakan kepajangan dri Nomor Induk Siswa Nasional yang berguna sebagai tanda pengenal
siswa yang lain dengan siswa di seluruh sekolah di indonesia maupun luar negri.

NPSN juga merupakan tanda pengenal atau identitas sekolah yang bisa membedakan identitas setiap sekolah, misalnya ada sekolah yang mempunyain nama sama akan tetapi NPSN pasti beda.

Oleh karena itulah kenapa semua sekolah sekolah memiliki NPSN agar siswa dari sekolah yang satunya tidak bisa seenaknya masuk ke dalam lingkungan sekolah yang lainnya.

Dalam pelasksanaannya, NISN diberikan kepada siswa yang sekolahnya mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN yang sudha terdaftar di kemdikbud.

NPSN terdiri dari 8 digit angka yang bisa berlaku secara nasional dan diberikan kepada sekolah yang masih aktif.

Siswa yang bisa mengecek NPSN dan juga bisa melalui halaman kementrian pendidikan dan juga kebudayaan.


Akhir Kata

Itu dia cara melihat nilai rapor siswa dengan NISN yang bisa anda terapkan, jika anda ingin mengencek atau melihat nilai rapor dengan menggunakan NISN.

Cara ataupun prosesnya memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, akan tetapi anda harus tetap sabar dan juga berhati-hati, terutama pada saat akan memasukkan data.

Supaya tidak terjadinya kesalahan, yang membuat nilai rapor yang akan muncul tidak sesuai dengan nilai siswa-siswi yang ada di sekolah.

Semoga ulasan yang sudah kami berikan di atas bisa menambah wawasan anda seputar cara yang bisa dilakukan untuk melihat nilai rapor hanya dengan menggunakan nomor NISN.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel